Jumat, 04 Oktober 2013
CONTOH RPP MATEMATIKA SMP YANG MASIH HARUS DIREVISI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP N LPMP SULSEL
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Aritmetika Sosial
Alokasi Waktu Pertemuan ke-2 : 2x40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
1. Menunjukkan ingin tahu selama mengikuti proses pembelajaran
2. Menunjukkan rasa tanggungjawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
3. Menyelesaikan masalah aritmetika sosial sederhana yang melibatkan konsep untung dan rugi.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
2.1 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika sertarasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentukmelalui pengalaman belajar.
2.2 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya temandalam interaksi kelompok maupun aktifitas sehari-hari.
4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosialsederhana.
IndikatorPencapaianKompetensi:
Siswa mampu:
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi sederhana di warung atau pasar tradisional yang melibatkan konsep untung atau rugi.
C. Materi Ajar
1. Untung dan rugi
2. Persentase untung dan rugi
3. Kegiatan ekonomi sederhana di warung atau pasartradisional melibatkan konsep untung dan rugi
D. Metode Pembelajaran
Tanya-jawab, diskusi kelompok dan penugasan kelompok
Model Pembelajaran yang digunakan adalah project based learning
E. Media Pembelajaran
Lingkungan, papan nama, uang
F. Sumber Belajar
Buku Siswa, LKS
G. KegiatanPembelajaran
Kegiatan DeskripsiKegiatan Waktu
Kegiatan Guru KegiatanSiswa
Penda-huluan 1. Memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa;
2. Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
3. Menayangkan gambar sebuah aktivitas yang terkait denganAritmatika Sosial dalam kehidupan sehari-hari;
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai;
5. Menginformasikan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan termasuk aspek-aspek yang dinilai selama proses pembelajaran berlangsung;
6. Melakukan apersepsi dengan melakukan pertanyaan secara klasikal yang bersifat menuntun dan menggali. 1. Membalas salam dan berdoa;
2. Menjawab pertanyaan guru;
3. Mengamati gambar yang ditayangkan guru;
4. Menyimak tujuan pembelajaran;
5. Menyimak informasi yang disampaikan guru;
6. Menjawab pertanyaan guru
15 menit
Inti Fase-1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Guru mengemukakan pertanyaan esensial yang bersifat eksplorasi pengetahuan yang telah dimiliki siswa berdasarkan pengalaman belajarnya yang bermuara pada penugasan peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas.
1. Bagaimanaseorangpedagangbisamemperolehkeuntungan?
2. Bagaimanaseorangpedagangbisamengalamikerugian?
Fase-2.MendesainPerencanaan Proyek (Design a Plan for the Project)
• Guru Mengorganisir siswa kedalam kelompok-kelompok yang heterogen (4-5) orang. Heterogen berdasarkan tingkat kognitif atau etnis
• Guru memfasilitasi setiap kelompok untuk menentukan ketua dan sekretaris secara demokratis, dan mendeskripsikan tugas masing-masing setiap anggota kelompok.
• Memfasilitasi peserta didik mendiskusikan aturan main untuk disepakati bersama dalam proses penyelesaian proyek. Hal-hal yang disepakati: pemilihan aktivitas, waktu maksimal yang direncanakan, sanksi yang dijatuhkan pada pelanggaran aturan main, tempat pelaksanaan proyek, hal-hal yang dilaporkan, serta alat dan bahan yang dapat diakses untuk membantu penyelesaian proyek
Fase-3. Menyusun Jadwal (Create a Schedule)
• Memfasilitasi peserta didik untuk membuat jadwal aktifitas yang mengacu pada waktu maksimal yang disepakati.
• Memfasilitasi peserta didik untuk menyusun langkah alternatif, jika ada sub aktifitas yang molor dari waktu yang telah dijadwalkan.
• Meminta setiap kelompok menuliskan alasan setiap pilihan yang telah dipilih.
Fase-4. Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek
• Membagikan Lemba Kerja siswa yang berisi tugas peroyek dengan tagihan: 1) menuliskan informasi yang secara eksplisit dinyatakan dalam tugas, 2) menuliskan beberapa pertanyaan yang terkait dengan masalah/tugas yang diberikan, 3) menuliskan konsep-konsep/prinsip-prinsip matematika berdasarkan pengalaman belajarnya yang terkait dengan tugas, 4) mengaitkan konsep-konsep yang dinyatakan secara eksplisit dalam tugas dengan konsep-konsep/prinsip-prinsip yang dimiliki oleh siswa berdasarkan pengalaman belajarnya, 5) melakukan dugaan-dugaan berdasarkan kaitan konsep poin 4), 6) menguji dugaan dengan cara mencoba, 6) menarik kesimpulan
• Memonitoringterhadap aktivitas peserta didik selama menyelesaikan proyek dengan caramelakukan skaffolding jika terdapat kelompok membuat langkah yang tidak tepat dalam penyelesaian proyek.
Fase-5. Menguji Hasil (Assess the Outcome)
• Guru telah melakukan penilaian selama monitoring dilakukan dengan mengacu pada rubrik penilaian.yang bertujuan: mengukur ketercapaian standar, berperan dalam mengevaluasi kemajuan masing- masing peserta didik, memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai peserta didik, membantu pengajar dalam menyusun strategi pembelajaran berikutnya.
Fase-6. Mengevaluasi Pengalaman
• Memfasilitasipeserta didik secara berkelompok melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Hal-hal yang direfleksi adalah kesulitan-kesulitan yang dialami dan cara mengatasinya dan perasaan yang dirasakan pada saat menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Selanjutnya kelompok lain diminta menanggapi
Menyimakpertanyaan yang disampaikan guru
Mengikutiinstruksi guru untukberkelompok
Berdiskusimenentukanketuadansekretariskelompokdandeskripsitugasmasing-masinganggotakelompok
Mendiskusikanaturan main dalampenyelesaianproyek
Berdiskusimenyusunjadwalaktivitas
Berdiskusidengantemankelompokmenentukanlangkah alternative
Menuliskanhasildiskusikelpmpok
Mengamatidanmemahami LKS yang dibagikan guru
Melakukanaktivitasberdasarkanpetunjuk yang adadalam LKS:, denganrinciansebagaiberikut:
1) menuliskan informasi yang secara eksplisit dinyatakan dalam tugas, 2) menuliskan beberapa pertanyaan yang terkait dengan masalah/tugas yang diberikan, 3) mencobamenuliskan konsep-konsep/prinsip-prinsip matematika berdasarkan pengalaman belajarnya yang terkait dengan tugas, 4) menalarketerkaitan konsep-konsep yang dinyatakan secara eksplisit dalam tugas dengan konsep-konsep/prinsip-prinsip yang dimiliki oleh siswa berdasarkan pengalaman belajarnya, 5) melakukan dugaan-dugaan berdasarkan kaitan konsep poin 4), 6) menguji dugaan dengan cara mencoba, 6) menarik kesimpulan
Secaraberkelompokmelakukanrefleksiterhadapaktivitasdanhasilproyek yang sudahdijalankan 60 menit
Penutup • Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyimpulkan hasil temuan barunya,
• Guru memberikan tugas pada buku halaman 297 UjiKompetensi 7.1 nomor 1 dan 2 untukdikerjakan di rumah. Menyimpulkanhasiltemuanbaru
Menyimaktugas yang diberikan guru 5 menit
H. Penilaian
1. Prosedur Penilaian:
No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian
1 Rasa ingin tahu Pengamatan Kegiatan inti nomor
2 Tanggungjawab dalam kelompok Pengamatan Kegiatan inti nomor
3 keterampilan matematika Proyek
2. Instrumen penilaian:
LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN SIKAP
Sikap yang dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU
1. Kurang baik : jika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau
acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
2. Baik : jika menunjukkan sudah ada usaha untuk mencoba atau bertanya
dalam proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
3. Sangat baik : jika menunjukkan adanya usaha untuk mencoba atau bertanya
dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
1. Kurang baik : jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam
melaksanakan tugas kelompok
2. Baik : jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam
melaksanakan tugas-tugas kelompok tetapi belum ajeg/konsisten
3. Sangat baik : jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas
kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO Nama Rasa ingin tahu Tanggungjawab
SB B KB SB B KB
1
2
3
...
40
SB = sangat baik B = baik KB = kurang baik
Lembar Penilaian Tugas Proyek:
Contoh-1: dengan skala rentang (rating scale)
No
Nama Siswa Aspek yang dinilai Kriteria penskoran
Tahap Persi-apan Tahap Pelaksanaan Tahap Pela-poran Skor yang dicapai Nilai • Skor 4 = tanpa kesalahan
• Skor 3 = ada sedikit kesalahan
• Skor 2 = ada banyak kesalahan
• Skor 1 = tidak melakukan
• Skor maksimal = 12
• Skor minimal = 3
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
… …
40
Catatan: Jumlah skor dapat ditransfer ke nilai dengan skala 0 s.d. 100 . Contoh: Nilai A = 11 : 12 × 100 = 91,6)
Keterangan:
a. Aspek yang dinilai pada tahap persiapan adalah: persiapan format-format untuk pengumpulan data secara langsung maupun dengan lembar isian
b. Aspek yang dinilai pada tahap pelaksanaan adalah: proses pencatatan data, pengelompokan data dan analisis data.
c. Aspek yang dinilai pada tahap pelaporan adalah: ketepatan isi laporan dan bentuk sajian laporan.
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No Nama Siswa Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT T ST
1 A
2 B
3 …..
40
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan tugas yang diberikan.
1. Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan tugas yang diberikan.
2. Terampiljika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan tugas yang diberikan tetapi belum tepat.
3. Sangat terampill,jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan tugas yang diberikan dan sudah tepat.
Makassar, 24 Juli 2013
Guru Mata Pelajaran
LAMPIRAN RPP PERTEMUAN KE-2i
Lampiran -1 : LembarKerjaProyek
Lampiran -2 : Lembar PengamatanPerkembanganSikap
Lampiran-3 : LembarpengamatanPenilaianKeterampilanLampiran-1
LEMBAR KERJA PROYEK
Nama Sekolah : SMP N LPMP SULSEL
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Aritmetika Sosial
Alokasi Waktu Pertemuan ke-2 : 2x 40 menit
Kompetensi Dasar :
2.1 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika sertarasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentukmelalui pengalaman belajar.
2.2 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya temandalam interaksi kelompok maupun aktifitas sehari-hari.
4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosialsederhana.
Nama Anggota Kelompok …..
1. …………………………… ../….
2. …………………………… ../….
3. …………………………… ../….
4. …………………………… ../….
5. …………………………… ../….
Langkah-langkahPenyelesaianProyek
a. Kerjakan tugas ini secara kelompok. Pakai kelompok belajar di kelas yang sudah terbentuk.
b. Lakukan wawancara terhadap dua orang penjual di kantin sekolah. Buatlah daftar pertanyaan untuk wawancara dan siapkan lembaran atau format untuk mencatat hasil wawancara. Terhadap setiap pedagang yang diwawancara, kumpulkan data tentang:
1. modal yang dimiliki,
2. untung yang rata-rata diperoleh setiap hari, atau rugi yang pernah dialami dan apa penyebabnya,
3. kegiatan penting apa saja yang dilakukan dalam berdagang terutama dalam hal pengadaan barang dan penjualan.
c. Buatlah laporan secara tertulis tentang kegiatan yang dilakukan sejak perencanaan, pelaksanaan dan hasil yang diperoleh. Laporan mencakup komponen: (1) Tujuan kegiatan (2) Persiapan (3) Pelaksanaan (4) Hasil yang Diperoleh (5) Kesan dan Pesan terhadap Tugas. Laporan tentang hasil yang diperoleh memuat hal-hal berikut ini:
1. Penyajian data yang diperoleh dalam bentuk tabel sesuai pengelompokan data pada nomor b.
2. Penjelasan tentang:
a) Pedagang mana yang persentase keuntungan/kerugiannya paling banyak dan besarnya persentase. Dalam kondisi yang bagaimana keuntungan/kerugian biasa terjadi.
b) Kegiatan yang pada umumnya harus dilalui para pedagang dalam berdagang.
3. Laporan dikumpulkan paling lambat satu minggu setelah diberikan tugas ini.
Lampiran-2
LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN SIKAP
Nama Sekolah : SMP N LPMP SULSEL
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Aritmetika Sosial
WaktuPengamatan : 24 Juli 2013
Kompetensi Dasar : Nomor 2.1, 2.2, 4.2
Sikap yang dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU
1. Kurang baik : jika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
2. Baik : jika menunjukkan sudah ada usaha untuk mencoba atau bertanya
dalam proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
3. Sangat baik : jika menunjukkan adanya usaha untuk mencoba atau bertanya
dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
1. Kurang baik : jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam
melaksanakan tugas kelompok
2. Baik : jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam
melaksanakan tugas-tugas kelompok tetapi belum ajeg/konsisten
3. Sangat baik : jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas
kelompok secara terus menerus dan konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO Nama Rasa ingin tahu Tanggungjawab
SB B KB SB B KB
1 NURUL WAHDANIAH
2 REZKY AMANDA PUTRY ADO
3 ROFI'AH RIDWAN
4 FADHILA FEBRIYANTI NAJAMUDDIN
5 ASTI RAHAYU ARJUNI
6 ANDI GUSTI AYU NIRMALA PUTRI
7 TRI FALDY
8 NURFADILLAH MUSTAFA
9 MUH. TAQWA
10 TERESIA GALLA
11 NURUL FATWA ISLAMIA
12 NURPITASARI
13 LIDYA OKTAVIA LB
14 NURASIZAH
15 ANDI MUH. FITRAH MUHYIDDIN
16 AR RIFQI RAHMAT RAMADHAN A
17 NURLAELA
18 NURUL FAATIHAH ASHYLA
19 MUHAMMAD FAQHI UFAIRAH
20 AINUNNISA PRATIWI
21 TAMSIR
22 MUH. IKRAM
23 SUCI RAMADHAN. R
24 JULIAM ANDI MORIGERUS PARINSI
25 FADYA ZASHILYA TIFANI
26 RISKA NUR ANISA
27 IRNA SURYANI S
28 MULDANI
29 MUH. ICHSAN IBRAHIM
30 ANNISA RACHMI SHALSABILA
31 SINDI YUSNIAWATI
32 FITRI ANI
33 FLORENTIN YULIANI TUENG
34 A.TENRI SA'NA N
35 KHUSNUL AMALIA
36 NITA ADRIANA
37 NUBILA NURUL AULIA
38 RIZKY FAJRI UTAMI ABDI
39 ANDI ATIKAH PERMATA MAHDIYAH P
40 RIAN RENALDI
SB = sangat baik B = baik KB = kurang baik
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Nama Sekolah : SMP N LPMP Sulsel
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Aritmetika Sosial
WaktuPengamatan : 24 Juli 2013
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No Nama Siswa Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT T ST
1 NURUL WAHDANIAH
2 REZKY AMANDA PUTRY ADO
3 ROFI'AH RIDWAN
4 FADHILA FEBRIYANTI NAJAMUDDIN
5 ASTI RAHAYU ARJUNI
6 ANDI GUSTI AYU NIRMALA PUTRI
7 TRI FALDY
8 NURFADILLAH MUSTAFA
9 MUH. TAQWA
10 TERESIA GALLA
11 NURUL FATWA ISLAMIA
12 NURPITASARI
13 LIDYA OKTAVIA LB
14 NURASIZAH
15 ANDI MUH. FITRAH MUHYIDDIN
16 AR RIFQI RAHMAT RAMADHAN A
17 NURLAELA
18 NURUL FAATIHAH ASHYLA
19 MUHAMMAD FAQHI UFAIRAH
20 AINUNNISA PRATIWI
21 TAMSIR
22 MUH. IKRAM
23 SUCI RAMADHAN. R
24 JULIAM ANDI MORIGERUS PARINSI
25 FADYA ZASHILYA TIFANI
26 RISKA NUR ANISA
27 IRNA SURYANI S
28 MULDANI
29 MUH. ICHSAN IBRAHIM
30 ANNISA RACHMI SHALSABILA
31 SINDI YUSNIAWATI
32 FITRI ANI
33 FLORENTIN YULIANI TUENG
34 A.TENRI SA'NA N
35 KHUSNUL AMALIA
36 NITA ADRIANA
37 NUBILA NURUL AULIA
38 RIZKY FAJRI UTAMI ABDI
39 ANDI ATIKAH PERMATA MAHDIYAH P
40 RIAN RENALDI
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan untungdanrugi.
4. Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan untungdanrugi
5. Terampiljika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan untungdanrugi.
6. Sangat terampill,jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan untungdanrugi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar