Jumat, 04 Oktober 2013

CONTOH RPP MATEMATIKA SMP YANG MASIH HARUS DIREVISI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SMP N LPMP SULSEL Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : VII/Genap Materi Pokok : Aritmetika Sosial Alokasi Waktu Pertemuan ke-2 : 2x40 menit A. Tujuan Pembelajaran 1. Menunjukkan ingin tahu selama mengikuti proses pembelajaran 2. Menunjukkan rasa tanggungjawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas 3. Menyelesaikan masalah aritmetika sosial sederhana yang melibatkan konsep untung dan rugi. B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi: 2.1 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika sertarasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentukmelalui pengalaman belajar. 2.2 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya temandalam interaksi kelompok maupun aktifitas sehari-hari. 4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosialsederhana. IndikatorPencapaianKompetensi: Siswa mampu: 1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi sederhana di warung atau pasar tradisional yang melibatkan konsep untung atau rugi. C. Materi Ajar 1. Untung dan rugi 2. Persentase untung dan rugi 3. Kegiatan ekonomi sederhana di warung atau pasartradisional melibatkan konsep untung dan rugi D. Metode Pembelajaran Tanya-jawab, diskusi kelompok dan penugasan kelompok Model Pembelajaran yang digunakan adalah project based learning E. Media Pembelajaran Lingkungan, papan nama, uang F. Sumber Belajar Buku Siswa, LKS G. KegiatanPembelajaran Kegiatan DeskripsiKegiatan Waktu Kegiatan Guru KegiatanSiswa Penda-huluan 1. Memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa; 2. Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa; 3. Menayangkan gambar sebuah aktivitas yang terkait denganAritmatika Sosial dalam kehidupan sehari-hari; 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai; 5. Menginformasikan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan termasuk aspek-aspek yang dinilai selama proses pembelajaran berlangsung; 6. Melakukan apersepsi dengan melakukan pertanyaan secara klasikal yang bersifat menuntun dan menggali. 1. Membalas salam dan berdoa; 2. Menjawab pertanyaan guru; 3. Mengamati gambar yang ditayangkan guru; 4. Menyimak tujuan pembelajaran; 5. Menyimak informasi yang disampaikan guru; 6. Menjawab pertanyaan guru 15 menit Inti Fase-1: Penentuan Pertanyaan Mendasar Guru mengemukakan pertanyaan esensial yang bersifat eksplorasi pengetahuan yang telah dimiliki siswa berdasarkan pengalaman belajarnya yang bermuara pada penugasan peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas. 1. Bagaimanaseorangpedagangbisamemperolehkeuntungan? 2. Bagaimanaseorangpedagangbisamengalamikerugian? Fase-2.MendesainPerencanaan Proyek (Design a Plan for the Project) • Guru Mengorganisir siswa kedalam kelompok-kelompok yang heterogen (4-5) orang. Heterogen berdasarkan tingkat kognitif atau etnis • Guru memfasilitasi setiap kelompok untuk menentukan ketua dan sekretaris secara demokratis, dan mendeskripsikan tugas masing-masing setiap anggota kelompok. • Memfasilitasi peserta didik mendiskusikan aturan main untuk disepakati bersama dalam proses penyelesaian proyek. Hal-hal yang disepakati: pemilihan aktivitas, waktu maksimal yang direncanakan, sanksi yang dijatuhkan pada pelanggaran aturan main, tempat pelaksanaan proyek, hal-hal yang dilaporkan, serta alat dan bahan yang dapat diakses untuk membantu penyelesaian proyek Fase-3. Menyusun Jadwal (Create a Schedule) • Memfasilitasi peserta didik untuk membuat jadwal aktifitas yang mengacu pada waktu maksimal yang disepakati. • Memfasilitasi peserta didik untuk menyusun langkah alternatif, jika ada sub aktifitas yang molor dari waktu yang telah dijadwalkan. • Meminta setiap kelompok menuliskan alasan setiap pilihan yang telah dipilih. Fase-4. Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek • Membagikan Lemba Kerja siswa yang berisi tugas peroyek dengan tagihan: 1) menuliskan informasi yang secara eksplisit dinyatakan dalam tugas, 2) menuliskan beberapa pertanyaan yang terkait dengan masalah/tugas yang diberikan, 3) menuliskan konsep-konsep/prinsip-prinsip matematika berdasarkan pengalaman belajarnya yang terkait dengan tugas, 4) mengaitkan konsep-konsep yang dinyatakan secara eksplisit dalam tugas dengan konsep-konsep/prinsip-prinsip yang dimiliki oleh siswa berdasarkan pengalaman belajarnya, 5) melakukan dugaan-dugaan berdasarkan kaitan konsep poin 4), 6) menguji dugaan dengan cara mencoba, 6) menarik kesimpulan • Memonitoringterhadap aktivitas peserta didik selama menyelesaikan proyek dengan caramelakukan skaffolding jika terdapat kelompok membuat langkah yang tidak tepat dalam penyelesaian proyek. Fase-5. Menguji Hasil (Assess the Outcome) • Guru telah melakukan penilaian selama monitoring dilakukan dengan mengacu pada rubrik penilaian.yang bertujuan: mengukur ketercapaian standar, berperan dalam mengevaluasi kemajuan masing- masing peserta didik, memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai peserta didik, membantu pengajar dalam menyusun strategi pembelajaran berikutnya. Fase-6. Mengevaluasi Pengalaman • Memfasilitasipeserta didik secara berkelompok melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Hal-hal yang direfleksi adalah kesulitan-kesulitan yang dialami dan cara mengatasinya dan perasaan yang dirasakan pada saat menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Selanjutnya kelompok lain diminta menanggapi Menyimakpertanyaan yang disampaikan guru Mengikutiinstruksi guru untukberkelompok Berdiskusimenentukanketuadansekretariskelompokdandeskripsitugasmasing-masinganggotakelompok Mendiskusikanaturan main dalampenyelesaianproyek Berdiskusimenyusunjadwalaktivitas Berdiskusidengantemankelompokmenentukanlangkah alternative Menuliskanhasildiskusikelpmpok Mengamatidanmemahami LKS yang dibagikan guru Melakukanaktivitasberdasarkanpetunjuk yang adadalam LKS:, denganrinciansebagaiberikut: 1) menuliskan informasi yang secara eksplisit dinyatakan dalam tugas, 2) menuliskan beberapa pertanyaan yang terkait dengan masalah/tugas yang diberikan, 3) mencobamenuliskan konsep-konsep/prinsip-prinsip matematika berdasarkan pengalaman belajarnya yang terkait dengan tugas, 4) menalarketerkaitan konsep-konsep yang dinyatakan secara eksplisit dalam tugas dengan konsep-konsep/prinsip-prinsip yang dimiliki oleh siswa berdasarkan pengalaman belajarnya, 5) melakukan dugaan-dugaan berdasarkan kaitan konsep poin 4), 6) menguji dugaan dengan cara mencoba, 6) menarik kesimpulan Secaraberkelompokmelakukanrefleksiterhadapaktivitasdanhasilproyek yang sudahdijalankan 60 menit Penutup • Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyimpulkan hasil temuan barunya, • Guru memberikan tugas pada buku halaman 297 UjiKompetensi 7.1 nomor 1 dan 2 untukdikerjakan di rumah. Menyimpulkanhasiltemuanbaru Menyimaktugas yang diberikan guru 5 menit H. Penilaian 1. Prosedur Penilaian: No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian 1 Rasa ingin tahu Pengamatan Kegiatan inti nomor 2 Tanggungjawab dalam kelompok Pengamatan Kegiatan inti nomor 3 keterampilan matematika Proyek 2. Instrumen penilaian: LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN SIKAP Sikap yang dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok. Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU 1. Kurang baik : jika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran 2. Baik : jika menunjukkan sudah ada usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten 3. Sangat baik : jika menunjukkan adanya usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten Indikator perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok) 1. Kurang baik : jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok 2. Baik : jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok tetapi belum ajeg/konsisten 3. Sangat baik : jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan. NO Nama Rasa ingin tahu Tanggungjawab SB B KB SB B KB 1 2 3 ... 40 SB = sangat baik B = baik KB = kurang baik Lembar Penilaian Tugas Proyek: Contoh-1: dengan skala rentang (rating scale) No Nama Siswa Aspek yang dinilai Kriteria penskoran Tahap Persi-apan Tahap Pelaksanaan Tahap Pela-poran Skor yang dicapai Nilai • Skor 4 = tanpa kesalahan • Skor 3 = ada sedikit kesalahan • Skor 2 = ada banyak kesalahan • Skor 1 = tidak melakukan • Skor maksimal = 12 • Skor minimal = 3 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. … … 40 Catatan: Jumlah skor dapat ditransfer ke nilai dengan skala 0 s.d. 100 . Contoh: Nilai A = 11 : 12 × 100 = 91,6) Keterangan: a. Aspek yang dinilai pada tahap persiapan adalah: persiapan format-format untuk pengumpulan data secara langsung maupun dengan lembar isian b. Aspek yang dinilai pada tahap pelaksanaan adalah: proses pencatatan data, pengelompokan data dan analisis data. c. Aspek yang dinilai pada tahap pelaporan adalah: ketepatan isi laporan dan bentuk sajian laporan. LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan. No Nama Siswa Keterampilan Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah KT T ST 1 A 2 B 3 ….. 40 Keterangan: KT : Kurang terampil T : Terampil ST : Sangat terampil Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan tugas yang diberikan. 1. Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan tugas yang diberikan. 2. Terampiljika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan tugas yang diberikan tetapi belum tepat. 3. Sangat terampill,jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan tugas yang diberikan dan sudah tepat. Makassar, 24 Juli 2013 Guru Mata Pelajaran LAMPIRAN RPP PERTEMUAN KE-2i Lampiran -1 : LembarKerjaProyek Lampiran -2 : Lembar PengamatanPerkembanganSikap Lampiran-3 : LembarpengamatanPenilaianKeterampilanLampiran-1 LEMBAR KERJA PROYEK Nama Sekolah : SMP N LPMP SULSEL Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : VII/Genap Materi Pokok : Aritmetika Sosial Alokasi Waktu Pertemuan ke-2 : 2x 40 menit Kompetensi Dasar : 2.1 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika sertarasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentukmelalui pengalaman belajar. 2.2 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya temandalam interaksi kelompok maupun aktifitas sehari-hari. 4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosialsederhana. Nama Anggota Kelompok ….. 1. …………………………… ../…. 2. …………………………… ../…. 3. …………………………… ../…. 4. …………………………… ../…. 5. …………………………… ../…. Langkah-langkahPenyelesaianProyek a. Kerjakan tugas ini secara kelompok. Pakai kelompok belajar di kelas yang sudah terbentuk. b. Lakukan wawancara terhadap dua orang penjual di kantin sekolah. Buatlah daftar pertanyaan untuk wawancara dan siapkan lembaran atau format untuk mencatat hasil wawancara. Terhadap setiap pedagang yang diwawancara, kumpulkan data tentang: 1. modal yang dimiliki, 2. untung yang rata-rata diperoleh setiap hari, atau rugi yang pernah dialami dan apa penyebabnya, 3. kegiatan penting apa saja yang dilakukan dalam berdagang terutama dalam hal pengadaan barang dan penjualan. c. Buatlah laporan secara tertulis tentang kegiatan yang dilakukan sejak perencanaan, pelaksanaan dan hasil yang diperoleh. Laporan mencakup komponen: (1) Tujuan kegiatan (2) Persiapan (3) Pelaksanaan (4) Hasil yang Diperoleh (5) Kesan dan Pesan terhadap Tugas. Laporan tentang hasil yang diperoleh memuat hal-hal berikut ini: 1. Penyajian data yang diperoleh dalam bentuk tabel sesuai pengelompokan data pada nomor b. 2. Penjelasan tentang: a) Pedagang mana yang persentase keuntungan/kerugiannya paling banyak dan besarnya persentase. Dalam kondisi yang bagaimana keuntungan/kerugian biasa terjadi. b) Kegiatan yang pada umumnya harus dilalui para pedagang dalam berdagang. 3. Laporan dikumpulkan paling lambat satu minggu setelah diberikan tugas ini. Lampiran-2 LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN SIKAP Nama Sekolah : SMP N LPMP SULSEL Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : VII/Genap Materi Pokok : Aritmetika Sosial WaktuPengamatan : 24 Juli 2013 Kompetensi Dasar : Nomor 2.1, 2.2, 4.2 Sikap yang dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok. Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU 1. Kurang baik : jika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran 2. Baik : jika menunjukkan sudah ada usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten 3. Sangat baik : jika menunjukkan adanya usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten Indikator perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok) 1. Kurang baik : jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok 2. Baik : jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok tetapi belum ajeg/konsisten 3. Sangat baik : jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan konsisten Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan. NO Nama Rasa ingin tahu Tanggungjawab SB B KB SB B KB 1 NURUL WAHDANIAH 2 REZKY AMANDA PUTRY ADO 3 ROFI'AH RIDWAN 4 FADHILA FEBRIYANTI NAJAMUDDIN 5 ASTI RAHAYU ARJUNI 6 ANDI GUSTI AYU NIRMALA PUTRI 7 TRI FALDY 8 NURFADILLAH MUSTAFA 9 MUH. TAQWA 10 TERESIA GALLA 11 NURUL FATWA ISLAMIA 12 NURPITASARI 13 LIDYA OKTAVIA LB 14 NURASIZAH 15 ANDI MUH. FITRAH MUHYIDDIN 16 AR RIFQI RAHMAT RAMADHAN A 17 NURLAELA 18 NURUL FAATIHAH ASHYLA 19 MUHAMMAD FAQHI UFAIRAH 20 AINUNNISA PRATIWI 21 TAMSIR 22 MUH. IKRAM 23 SUCI RAMADHAN. R 24 JULIAM ANDI MORIGERUS PARINSI 25 FADYA ZASHILYA TIFANI 26 RISKA NUR ANISA 27 IRNA SURYANI S 28 MULDANI 29 MUH. ICHSAN IBRAHIM 30 ANNISA RACHMI SHALSABILA 31 SINDI YUSNIAWATI 32 FITRI ANI 33 FLORENTIN YULIANI TUENG 34 A.TENRI SA'NA N 35 KHUSNUL AMALIA 36 NITA ADRIANA 37 NUBILA NURUL AULIA 38 RIZKY FAJRI UTAMI ABDI 39 ANDI ATIKAH PERMATA MAHDIYAH P 40 RIAN RENALDI SB = sangat baik B = baik KB = kurang baik   LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN Nama Sekolah : SMP N LPMP Sulsel Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : VII/Genap Materi Pokok : Aritmetika Sosial WaktuPengamatan : 24 Juli 2013 Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan. No Nama Siswa Keterampilan Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah KT T ST 1 NURUL WAHDANIAH 2 REZKY AMANDA PUTRY ADO 3 ROFI'AH RIDWAN 4 FADHILA FEBRIYANTI NAJAMUDDIN 5 ASTI RAHAYU ARJUNI 6 ANDI GUSTI AYU NIRMALA PUTRI 7 TRI FALDY 8 NURFADILLAH MUSTAFA 9 MUH. TAQWA 10 TERESIA GALLA 11 NURUL FATWA ISLAMIA 12 NURPITASARI 13 LIDYA OKTAVIA LB 14 NURASIZAH 15 ANDI MUH. FITRAH MUHYIDDIN 16 AR RIFQI RAHMAT RAMADHAN A 17 NURLAELA 18 NURUL FAATIHAH ASHYLA 19 MUHAMMAD FAQHI UFAIRAH 20 AINUNNISA PRATIWI 21 TAMSIR 22 MUH. IKRAM 23 SUCI RAMADHAN. R 24 JULIAM ANDI MORIGERUS PARINSI 25 FADYA ZASHILYA TIFANI 26 RISKA NUR ANISA 27 IRNA SURYANI S 28 MULDANI 29 MUH. ICHSAN IBRAHIM 30 ANNISA RACHMI SHALSABILA 31 SINDI YUSNIAWATI 32 FITRI ANI 33 FLORENTIN YULIANI TUENG 34 A.TENRI SA'NA N 35 KHUSNUL AMALIA 36 NITA ADRIANA 37 NUBILA NURUL AULIA 38 RIZKY FAJRI UTAMI ABDI 39 ANDI ATIKAH PERMATA MAHDIYAH P 40 RIAN RENALDI Keterangan: KT : Kurang terampil T : Terampil ST : Sangat terampil Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan untungdanrugi. 4. Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan untungdanrugi 5. Terampiljika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan untungdanrugi. 6. Sangat terampill,jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan untungdanrugi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar